Top News
Loading...
14 Maret, 2017

Berastagi di Tahun 1967, Bukan Berastagi di Tahun1947

Berastagi, 1967
Karokab, Karo - Sebuah foto lama yang menggambarkan Kota Berastagi dengan latar gunung berapi Sibayak, karena keindahannya menjadi viral di internet. Foto tersebut bertahun 1967, tetapi banyak akun facebook, mengatakan bahwa foto tersebut menggambarkan kota Berastagi  di tahun 1947.  Termasuk situs besar berkonten Karo seperti karosiadi.blogspot.com, mengatakan foto tersebut bertahun 1947.

Lantas tahun berapakah foto tersebut diambil dan siapa sebenarnya pemiliknya???
Mari kita telisik.
1. Pada Foto tersebut terlihat menara Ex- Gereja Katolik St. Maria atau saat ini merupakan Museum Pusaka Karo, yang mana gereja tersebut merupakan gereja Katolik Stasi Berastagi, yang ber Paroki di Kabanjahe. Dimana Paroki Kabanjahe sendiri berdiri tanggal 01 Agustus 1948. Artinya Gereja Katolik St. Maria belum ada di tahun 1947. Tentu saja foto ini bukan bertahun 1947.
 

2. Foto ini pertama sekali ditemukan dalam situs flickr.com yang diunggah oleh sebuah akun bernama, Howard Koons, yang bermukim di California USA tanggal 29 Juni 2009. Ia mengatakan dalam kolom komentarnya bahwa photo tersebut diambil tahun 1967 menggunakan kamera laica miliknya, ketika ia berkunjung ke Indonesia.  bahkan ia mengatakan sempat bergaul dengan beberapa orang disana. facebook.com


















Back To Top